About

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) didirikan pada tanggal 22 Desember 2006 oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan dengan akte pendirian No. 12. Dalam perkembangannya STIKKU telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan-perubahan, terakhir dengan akte No.18tanggal 10 Juni 2016 di hadapan notarisSaleh Bafadal, SH.

Pada tahap awal pendiriannya, STIKKU langsung mendapatkan kepercayaan penuh dari Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan memberikan beasiswa pendidikan kepada 30 orang siswa SMA yang berasal dari beberapa desa di Kuningan untuk dididik menjadi bidan di Program Studi Diploma III Kebidanan STIKKU. Beasiswa ini bersumber dari dana APBD Kuningan yang kemudian pada tahun 2009 diadopsi oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui Beasiswa Pendidikan 1 Siklus Bidan untuk memenuhi Program 1000 Bidan dimana STIKKU juga lagi-lagi dipercaya sebagai institusi penerima beasiswa tersebut yakni 25 orang yang masing-masing diberi bantuan pendidikan sebesar Rp 40 juta per mahasiswa.

Atas dasar latar belakang tersebut, maka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU) yang didirikan sejak tahun 2006 berdasarkan Keputusan Mendiknas No.278iD/O/2006 tanggal 22 Desember 2006 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK), pada tahap awal ini, STIKKU membuka dan menyelenggarakan 2 (dua) Program Studi yaitu:

  1. Program Studi Diploma III Kebidanan
  2. Program Studi Strata 1 Keperawatan

Kemudian pada tahun 2011 dan 2012 STIKKU membuka 2 Program Studi lagi, yaitu: Program Studi Strata 1 Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Profesi Ners.


Visi, Misi, Tujuan & Sasaran

Visi (Vision):

“Menjadi Institusi Pendidikan Kesehatan yang Inovatif dan Bermutu pada tingkat Nasional Berdaya Saing Global Tahun 2035”
Being Innovative Educational Institutions Health and Quality at National level Competitive Global Year 2035


Misi (Mission):


  1. Menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas, inovatif, berkelanjutan, dan berorientasi global;
  2. Melaksanakan upaya peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia mahasiswa, dosen, beserta tenaga kependidikan secara bertahap dan berkelanjutan;
  3. Melaksanakan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university govermance), inovatif, mandiri, dan mengedepankan pelayanan prima;
  4. Mengembangkan kerjasama institusional dalam dan luar negeri dalam upaya optimalisasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pemberdayaan lulusan;
  5. Meningkatkan kesejahteraan sivitas akademika yang berbasis budaya wirausaha, inovasi, dan profesionalitas.


Tujuan (Goals) :


  1. Menjadi Perguruan Tinggi yang mampu menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas, inovatif, berkelanjutan, dan berdaya saing Global;
  2. Menjadi Perguruan Tinggi yang mampu menghasilkan lulusan dan mengembangkan dosen dan tenaga kependidikan yang kompeten, profesional dan berorientasi global;
  3. Menjadi Perguruan Tinggi yang mampu melaksanakan tata kelola perguruan tinggi yang baik, inovatif, mandiri, dan mengedepankan pelayanan prima;
  4. Menjadi Perguruan Tinggi yang mampu mengembangkan kerjasama institusional dalam dan luar negeri dalam upaya optimalisasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pemberdayaan lulusan;
  5. Menjadi Perguruan Tinggi yang mampu meningkatkan kesejahteraan sivitas akademikayang berbasis budaya wirausaha, inovasi, dan profesionalitas.